PENGEMBANGAN MEDIA E-CHEMPOCK PADA MATERI SISTEM KOLOID KELAS XI SMA

  • Florensia Kurniati Laju Universitas Nusa Nipa
  • M.A. Yohanita Nirmalasari Universitas Nusa Nipa
  • sri sulistyaningsih N.D. tiring Universitas Nusa Nipa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan dan tingkat kelayakkan media e-chempock pada materi sistem koloid kelas XI SMA.Jenis penelitian yakni research and development dengan mengikuti tahap pengembangan menurut Borg and Gall. Instrumen yang digunakan yakni lembar validasi dan lembar angket kelayakkan media dengan subjek penelitian yang terdiri atas siswa dan guru dari SMAN 1 Nita dan SMA S K St. Gabriel Maumere. Teknik analisis data validasi dan analisis angket kelayakkan media masing-masing menggunakan persentase validasi dan kategori rumus widoyoko berdasarkan skala likert.Rerata persentase hasil analisis validasi media e-chempock sebesar 84,63% dengan kategori sangat valid. Sedangkan rerata angket kelayakkan media pada uji lapangan awal oleh guru dan siswa masing-masing sebesar 102,50 dan 90,83 dengan kategori baik. Rerata angket kelayakkan media pada uji lapangan oleh guru dan siswa masing-masing sebesar 110,33 dan 94,53 dengan kategori sangat baik. Rerata angket kelayakkan untuk uji pelaksanaan lapangan oleh guru sebesar 114,25 dan siswa sebesar 96,95 dengan kategori yang sama yakni sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media e-chempock yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

References

Daftar Pustaka

Fujiawati, F.S. (2016). Pemahaman Konsep Kurikulum Dan Pembelajaran Dengan Peta Konsep Bagi Mahasiswa Pendidikan Seni. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni.1(1), 16-28

Adam, S. &. Syastra, M.T. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam. Cbis Journal. 3(2), 78-90

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan. 2(2), 103-114

Khairani, M. & Febrinal, D. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Dalam Bentuk Macromedia Flash Materi Tabung Untuk SMP Kelas IX. Jurnal Ipteks Terapan. 10(2), 95-102

Purwono, J., Yutmini, S., & Anitah, S. (2014). Penggunaan Media Audiovisual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran. 2(2), 127-144

Umam, A., Rozadi, N., Wijayanti, L., & Kumara N.R. (2016). Mobile Pocket Book Disertai Mind Map Menggunakan Adobe Flash Professional Cs6 Materi Suhu Dan Kalor. Seminar Nasional Pendidikan Dan Saintek. 847-852

Afifah, L. & Ermawaty, I. R. (2020). Analisi Kebutuhan: Pengembangan Media Pembelajaran Blended Learning E-Pocket Book. PROSIDING Seminar Nasional Pendidikan Fisika FITK UNSIQ. 2(1),119-123.

Suryani, N. T., Prayitno, B.A., & Rinanto, Y. (2018). Pengembangan Modul Berbasis Guided Discovery Pada Materi Sistem Pernapasan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Surakarta. Jurnal Inkuiri. 7(1),101-110.

Navirida, Erry. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual Materi Mengubah Pecahan Ke Bentuk Persen Dan Desimal Serta Sebaliknya Untuk Siswa Kelas V SD. Artikel Skripsi. 01(01), 1-8

Accraf, L. B. R., Suryati & Khery, Y. (2018). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android dan Nature Of Science pada Materi Ikatan Kimia dan Gaya Antar Molekul untuk Menumbuhkan Literasi Sains Siswa. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 6(2), 133-141

Setyowati, P. dkk. (2018). Analisis Tingkat Kelayakan Aplikasi Android "Chemical Lab Work Guide" Sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Edusainstek , 128-136.

Published
2022-08-23