PENGEMBANGAN GAME ANIMASI “CHEMLABS” BERBASIS ANDROID PADA MATERI LARUTAN ASAM BASA KELAS X SMK

  • Maria Yuventa Universitas Nusa Nipa
  • M.A. Yohanita Nirmalasari Universitas Nusa Nipa
  • sri sulistyaningsih N.D. tiring Universitas Nusa Nipa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahap pengembangan dan tingkat kelayakan media pembelajaran game animasi ”Chemlabs” berbasis android pada materi larutan asam basa kelas X SMK. Jenis peneltian yang dilakukan yaitu penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada model pengembangan Borg and Gall. Instrument pada penelitian ini berupa pedoman wawancara oleh guru dan peserta didik, lembar validasi oleh validator dan angket kelayakan oleh guru dan peserta didik. Teknik analisis data validitas menggunakan presentase kevalidan dan analisis kategori kelayakan oleh Widoyoko berdasarkan skala liker dengan skor 1-4. Subjek dalam penelitian ini 2 orang guru kimia dan 96 peserta didik. Berdasarkan hasil analisis validitas game animasi “Chemlabs” dinyatakan sangat valid dengan rerata nilai presentase 84,85%. Uji coba lapangan terbatas oleh peserta didik 71,80% (sangat baik), dan guru 68,00% (sangat Baik). Uji coba lapangan luas oleh peserta didik 75,70% (sangat baik) dan guru 75,50% (sangat baik). Uji kelayakan oleh peserta didik 79,60% (sangat baik) dan oleh guru 79,50% (sangat baik). Dengan demikian media game animasi “Chemlabs” layak digunakan dalam pembelajaran Kimia.

References

Andyani, L., Agustini, R. & Raharjo. (2015). “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbantuan Media Animasi Interaktif Berbasis Game Edukasi Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa”. Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 4 (2), 648-657.

Khaeruman, Ahmadi & Rehanum (2018) “Pengembangan Media Animasi Interaktif Pada Materi Laju Reaksi”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia “Hydrogen”, 3 (1), 267-273.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sumanjaya, U., & Padmaningrum, R.T. (2018). “Pengembangan WEBTOON Kimia Untuk Pembelajaran Materi Kimia Makromolekul Sebagai Media Belajar Mandiri Siswa”. Jurnal Pembelajaran Kimia, 7 (5), 210-218.

Haryoko, S., & Jaya, H. (2016). “Multimedia Animasi Berbasis Android “MABA” Untuk Mata Pelajaran Produktif Di SMK”. Jurnal Penelitian Pendidikan, 19 (02), 102-118.

Published
2022-08-23