PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI TERMOKIMIA KELAS XI MIA SMAS KHATOLIK St GABRIEL MAUMERE

  • Yuliana Wea Universitas Nusa Nipa
  • Sri Sulistyaningsih N.D. Tiring Universitas Nusa Nipa
  • M.A Yohanita Nirmalasari universitas nusa nipa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh model problem based lerning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, (2) Mengetahui pengaruh model problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, dan (3) Mengetahui apakah model problem based learning lebih berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI MIA SMAS St Gabriel Maumere pada materi pokok termokimia dibandingkan model problem solving. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu, menggunakan nonequivalent control group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Kemampuan berpikir kritis siswa diukur menggunakan teknik tes (pretest dan posttest). Teknik analisis data yang digunakan yaitu Wilcoxon dan Mann Whitney menggunakan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) ada pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa (2) Ada pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis siswa (3) Model problem based learning lebih berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI MIA SMAS St Gabriel Maumere pada materi pokok termokimia dibandingkan model problem solving.

References

Ernawati D., Ashadi., & Budi U. 2015. Upaya Peningkatan Prestasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa KelaS X MIA 7 dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Problem Solving pada Materi Stoikiometri di SMA NEGERI 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). 4(4), 17-26.

Pane A., & Muhammad, D.D. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman. 03(2), 333-352.

Kono R., Hartono D. M., & Lilies N. T. 2016. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Pemahaman Konsep Biologi dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa tentang Ekosistem dan Lingkungan di Kelas X SMA NEGERI 1 Sigi. Jurnal Sains dan Teknologi Tadulako. 5(1), 28-38

Sudewi N. L., I W. Subagia., & I N. Tika. 2014. Studi Komparasi Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) terhadap Hasil Belajar berdasarkan Taksonomi Bloom. E-Journal Program Pasca sarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 4 (1) .1-9

Siregar D.P., & Nurdin S. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Listrik Dinamis di Kelas X SMA Mulia Medan TP. 2012/2013. Jurnal Inpafi.2(3). 54-62.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Jakarta: Alfabeta.

Published
2022-08-23